Membeli mobil bekas

October 7, 2021 by No Comments

Ketika Anda membeli mobil, seringkali jauh lebih murah untuk membeli bekas karena nilai mobil baru jatuh sangat cepat. Ada berbagai cara untuk membeli asecond-hand atau mobil bekas. Ini termasuk:Dari garasi atau dealer mobilPada lelang mobilMelalui iklan surat kabar atau pasar pembelian mobil online

Jika Anda membeli mobil bekas dari pedagang (garasi atau dealer mobil), Anda memiliki hak yang sama di bawah undang-undang perlindungan konsumen seperti saat membeli mobil baru.

Ini termasuk hak untuk mengharapkan mobil menjadi seperti yang dijelaskan, kualitas yang memuaskan dan cocok untuk tujuan yang dinyatakan. Hak-hak ini ditetapkan dalam Sale ofGoods dan Associated Guarantees Act 1980. Jika Anda menemukan sesuatu yang salah dengan mobil setelah Anda membelinya, Anda memiliki hak untuk meminta penjual untuk menempatkan yang benar (misalnya dengan memperbaiki atau mengembalikan uang Anda).

Jika Anda membeli mobil bekas dari penjual pribadi atau di lelang, Anda memiliki lebih sedikit hak. Membeli dari garasi atau dealer mobil

Ketika Anda membeli mobil bekas dari seorang pedagang, Anda memiliki sejumlah hak di bawah hukum Inggris dan Uni Eropa. Garasi dan dealer mobil harus memperlakukan Anda dengan adil, apakah mereka menjual dari tempat bisnis atau online. Mereka harus memastikan mobil aman dan harus memberi Anda informasi yang cukup bagi Anda untuk membuat keputusan berdasarkan informasi. Anda dapat membaca lebih lanjut di dokumen kami tentang hak Anda sebagai konsumen di Irlandia.

Anda harus mencari tahu apakah trader memiliki reputasi yang baik dengan bertanya kepada orang lain atau dengan memeriksa ulasan online. Anda juga dapat memeriksa apakah pedagang adalah anggota asosiasi seperti Society of the Irish Motor Industry (SIMI). Anggota harus mengikuti kode kode SIMI dan menawarkan standar layanan pelanggan yang tinggi. Ini termasuk melakukan pemeriksaan pada kendaraan bekas dan memilah masalah apa pun yang muncul. Anda dapat memeriksa daftar online SIMImembers.

Sebelum Anda membeli dari garasi atau dealer mobil, Anda harus:Tanyakan tentang sejarah mobil dan jumlah pemilik sebelumnya. Manydealers akan memberikan laporan tentang hal ini.Tanyakan apakah garansi tertulis (atau jaminan) tersedia. Cari tahu lebih lanjut dalam dokumen Anda tentang jaminan dan peringatan.Periksa mobil untuk dipakai dan robek. Misalnya, periksa ban, wheelarches, oli, sabuk pengaman, lampu dan wiper. Pedagang harus menunjukkan setiap efek atau masalah kepada Anda sebelum Anda membeli.Dapatkan dokumen yang diperlukan. Anda harus diberikan Sertifikat Uji Mobil Nasional (NCT) (jika mobil berusia di atas 4 tahun) dan Sertifikat Pajak Registrasi Kendaraan (VRT) (jika mobil diimpor). Mintalah buku layanan mobil dan buku pegangan atau manual.Periksa pembacaan odometer (ukuran jarak yang ditempuh). Pembacaan sebelumnya dicetak pada sertifikat NCT dan pembacaanNCT terbaru ditampilkan pada disk NCT. Bandingkan ini dengan pembacaan yang ada di dasbor mobil odometer. Jika jarak yang ditunjukkan pada thedisc lebih tinggi dari yang ada pada odometer, itu mungkin berarti odometer telah diubah (clocked). Otoritas Keselamatan Jalan memiliki lebih banyak informasi tentang pembacaan dan verifikasi.Mintalah dua set kunci untuk mobil dan tanda terima yang ditandatangani untuk pembayaran.

READ:   Membeli mobil bekas

Anda mungkin dapat menemukan penawaran di lelang mobil. Namun, jika Anda membeli lelang atan Anda tidak memiliki hak yang sama jika mobil ‘dijual seperti yang terlihat’. Anda tidak dapat meminta juru lelang bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda temukan di mobil setelah Anda membelinya. Dengan penawaran di lelang, Anda menyetujui prasyarat penjualan juru lelang.

Jika mobil ‘dijual seperti yang terlihat’ terserah Anda untuk melakukan pemeriksaan yang diperlukan memeriksa mobil sebelum menawar. Mungkin ide yang baik untuk mendapatkan mekanik untuk memeriksa mobil sebelum Anda mengajukan penawaran. Mobil bekas yang dibeli di lelang, umumnya tidak datang dengan garansi (atau jaminan) kecuali garansi carmanufacturer masih berlaku.

Penjual pribadi (dan dalam beberapa kasus dealer mobil), mengiklankan mobil bekas di internet melalui situs lelang pihak ketiga atau pasar online (sepertiDoneDeal, AutoTrader dan Carzone). Penjual mobil bekas juga beriklan di bagian iklan surat kabar dan majalah mobil.

Jika Anda membeli dari penjual pribadi, Anda memiliki sangat sedikit perlindungan hukum. Undang-undang konsumen Irlandia dan Uni Eropa hanya berlaku untuk transaksi antara konsumen (seseorang yang membeli barang atau layanan untuk konsumsi pribadi) dan pedagang (aperson bertindak untuk tujuan yang berkaitan dengan perdagangan, bisnis, atau profesi mereka). Ini tidak berlaku ketika Anda membeli dari individu pribadi yang bukan pedagang, forexample, seseorang yang menjual mobil mereka sendiri kepada Anda tetapi yang tidak menjual mobil sebagai profesi. Pastikan untuk melakukan penelitian Anda sebelum Anda membeli

Sebelum Anda membeli dari penjual pribadi, pastikan untuk bertanya apakah mobil dibeli di bawah perjanjian pembelian sewa (HP) atau Rencana Kontrak Pribadi (PCP). Jika pemilik membeli mobil dengan HP atau PCP, mereka tidak memilikinya sampai mereka telah melakukan pembayaran akhir kepada perusahaan pembiayaan. Periksa apakah semua pembayaran telah dilakukan sehingga mobil sekarang milik penjual (bukan perusahaan keuangan) dan mereka memiliki hak untuk menjualnya. Cari tahu lebih lanjut tentang hirepurchase.

READ:   5 Tips Membeli Mobil Baru

Sebelum Anda membeli dari penjual pribadi, Anda juga harus:Periksa riwayat atau status kepemilikan mobil melalui catatan resmi seperti Motorcheck, Cartell, MyVehicle, atau CarhistorycheckPeriksa mobil, baik di dalam maupun di luar, untuk setiap keausan. Komisi Perlindungan Konsumen dan Perlindungan Konsumen (CCPC) memiliki daftar periksa karpurchase.Dapatkan mekanik, insinyur mobil atau seseorang dengan beberapa pengetahuan tentang karmekanik untuk memeriksa mobilBerbelanja di sekitar dan mengajukan pertanyaan sebelum memutuskan untuk membelinyaPastikan mobil telah dilayani secara teratur dan buku layanan telah diisiBayar menggunakan metode pembayaran yang aman, seperti kartu kredit atau debit atauPayPal. Jangan mengirim uang melalui transfer bank atau kawat. Jika Anda membayar dengan aman, Anda mungkin dapat menggunakan chargeback dalam kasus penipuan atau penipuan lainnya – lihat ‘Jika ada yang salah’ di bawah ini.

Anda harus melakukan penelitian Anda secara menyeluruh dan waspada terhadap penipuan. Tidak seperti pedagang, penjual pribadi tidak memiliki kewajiban hukum untuk memberikan informasi yang tidak Anda minta.

SIMI memiliki lebih banyak saran tentang membeli mobil. Persyaratan hukum

Ketika Anda membeli mobil baru atau bekas di Irlandia, atau mengimpornya, Anda harus memenuhi persyaratan hukum. Ini adalah:VRT (Pajak Registrasi Kendaraan)Perubahan pendaftaran kepemilikanPajak motor dan asuransiNCT (Tes Mobil Nasional)Pajak Registrasi Kendaraan (VRT)

Anda harus membayar VRT ketika Anda mendaftarkan kendaraan di Irlandia. Semua kendaraan, kecuali yang dibawa ke Irlandia sementara oleh pengunjung, harus terdaftar dengan Pendapatan.

Jika Anda membeli mobil impor dari garasi atau dealer, Anda harus memeriksa apakah VRT yang benar telah dibayar dan Anda harus mendapatkan pendaftaran VRT.

Jika Anda mengimpor mobil dari negara lain sendiri, Anda bertanggung jawab untuk menggabungkannya di pusat NCTS (National Car TestingService). Anda harus memesan janji temu dengan pusat NCTS dalam waktu 7 hari dari kendaraan yang memasuki Irlandia. Anda harus membayar VRT di pusat NCTS dengan 30 hari tiba di Irlandia. Cari tahu lebih lanjut tentang mengimpor kendaraan ke Irlandia.

READ:   Cara Membeli Mobil Baru: Dapatkan

Kendaraan harus terdaftar sebelum dapat dikendarai. Ini adalah pelanggaran untuk memiliki kendaraan yang tidak terdaftar di Irlandia.Perubahan kepemilikan kendaraan

Ketika sebuah kendaraan dijual atau diperdagangkan, baik penjual dan pembeli harus memastikan bahwa prosedur untuk perubahan pendaftaran kepemilikan sudah selesai.

Jika Anda membeli dari penjual pribadi atau dealer, penjual dan penjual harus melengkapi dan menandatangani formulir untuk menyelesaikan transfer kepemilikan:Jika mobil terdaftar sebelum 1 Januari 1993, Anda mengisi formulir RF200 (pdf). Formulir ini dan buku catatan kendaraan harus diserahkan ke kantor pajak setempat.Jika mobil terdaftar antara 1 Januari 1993 dan 31 Maret 2004, Anda harus menyelesaikan Sertifikat Lisensi Kendaraan dan mengirimkannya ke Departemen Transportasi, Pariwisata dan Olahraga.Jika mobil terdaftar setelah 1 April 2004, Anda menyelesaikan Sertifikat KendaraanRegistrasi dan mengirimkannya ke Departemen Transportasi, Pariwisata dan Olahraga.

Sebagai pembeli, Anda akan menerima salinan baru dari Vehicle LicencingCertificate atau Sertifikat Registrasi Kendaraan dengan rincian terbaru.

Jika Anda menjual mobil Anda ke dealer, atau jika Anda memperdagangkan carin lama Anda untuk mobil baru, Anda dan dealer harus mengisi formulir RF200, Sertifikat Registrasi Kendaraan atau Sertifikat Lisensi Kendaraan, secepatnya. Anda berdua juga harus mengisi formulir RF105, yang merupakan bentuk untuk mentransfer kepemilikan mobil lama Anda ke adealer.